HDPE merupakan salah satu material yang digunakan untuk membuat pipa. Keistimewaan dari pipa yang terbuat dari HDPE adalah sifatnya yang tidak mencemari lingkungan dan food grade. Oleh karena itulah pipa jenis ini biasa digunakan untuk membangun saluran untuk akses air bersih. Pipa HDPE dapat ditemukan di tempat jual HDPE dan toko-toko yang menjual bahan bangunan.

Kelebihan Pipa HDPE

Pipa HDPE dari tempat jual HDPE memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai jaringan saluran air bersih, yaitu sebagai berikut:

  1. Ramah lingkungan
    • Salah satu kelebihan pipa HDPE dari pipa lainnya adalah sifatnya yang ramah lingkungan. Meski material plastik umumnya mampu mencemari lingkungan, tetapi hal ini tidak berlaku pada material HDPE. Pasalnya, material high density polyethylene alias HDPE ini memiliki ciri khas yaitu ikatan antar molekulnya yang sangat kuat. Selain ikatan antar molekulnya kuat, material HDPE juga memiliki elastisitas dan kekuatan yang tinggi, juga tingkat keretakan yang rendah. Akibatnya, material HDPE ini tidak mudah rusak sehingga tidak menimbulkan pencemaran pada air bersih yang melewatinya. Oleh karena itulah pipa dari material HDPE memiliki standar food grade.
    • Sebagai material yang termasuk dalam kelompok thermo plastik, HDPE dan produk-produk yang terbuat dari bahan tersebut tidak memiliki masalah karat seperti halnya logam. Hal ini jugalah yang membuat HDPE sangat aman dan tidak akan mencemari aliran air bersih. Selain itu, material HDPE juga mudah didaur ulang.
  2. Ringan
    • Jika dibandingkan dengan pipa logam yang digunakan sebagai saluran air sebelum material thermo plastik ditemukan, pipa yang terbuat dari material HDPE memiliki bobot yang lebih ringan. Dengan bobotnya yang ringan itulah proses pengangkutan serta pemasangan pipa HDPE untuk membuat jaringan saluran air bersih dapat dilakukan dengan lebih mudah.
    • Tak hanya ringan, pipa dari tempat jual HDPE juga dapat digunakan dalam waktu yang lama karena tidak berkarat. Usia pemakaian pipa jenis ini dapat mencapai 50 tahun. Namun, apabila kualitas produk pipa baik dan sistem penyambungan persenyawaannya sempurna, pipa HDPE akan dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama lagi, lebih dari 50 tahun.
  3. Lentur
    • Selain ringan dan tidak berkarat seperti pipa besi, pipa yang terbuat dari material HDPE juga memiliki kelebihan lain, yaitu sifatnya yang lentur. Kelenturan pipa HDPE termasuk tinggi dengan rumus kelenturan 25 kali diameter luar pipa. Dengan sifatnya yang lentur tersebut, proses instalasi pipa HDPE pun tak butuh banyak aksesoris yang berupa belokan. Selain itu, karena sifat pipa HDPE yang lentur membuatnya tersedia dalam bentuk coil atau roll dengan panjang minimal 50 sampai ratusan meter.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan Pipa HDPE yang sesuai dengan kebutuhan anda, silahkan hubungi kami dengan klik Whatsapp link berikut atau email: [email protected]

Mulai Percakapan
Halo, terimakasih sudah mengunjungi www.jualspeedbump.com. Silahkan klik mulai percakapan untuk memberitahu kami mengenai kebutuhan anda